2014-10-07

Tips Menjaga Mata Agar Bebas dari Ragam Penyakit

Hello sahabat, mata merupakan alat indera yang berfungsi untuk melihat. Keberadaan mata sangat berharga dalam kehidupan kita. Tapi, apakah kita sudah memelihara dengan baik indera yang diberikan Tuhan untuk melihat indahnya dunia ini? Banyak penyakit yang mengincar mata Anda menjadi sasarannya, antara lain rabun dekat, rabun jauh dan lain-lain. Nah, tentu saja Anda ingin tahu bagaimana cara merawat mata kita agar tetap sehat. Kali ini kami akan mengulas mengenai Tips Menjaga Mata Agar Bebas dari Ragam Penyakit.

Berikut ini merupakan rangkaian tips untuk menjaga mata Anda agar tetap sehat:
1. Beri Jarak Ketika Menonton Televisi
Kebiasan menonton televisi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata kita rusak. Untuk itu, alangkah lebih baiknya apabila menonton dari jarak kurang lebih 2 meter untuk ukuran 14 inchi. Namun, apabila layar televisinya lebih lebar otomatis jaraknya pasti akan lebih jauh lagi. Apabila Anda tengah menonton di bioskop, akan lebih baik jika mengambil kursi yang terletak di bagian belakang.

2. Batasi waktu Bermain Komputer
Terlalu sering bermain di depan komputer juga dapat menyebabkan mudahnya terjadi kerusakan pada mata. Untuk itu, batasi diri Anda ketika bermain dengan alat elektronik tersebut. Sempatka untuk beristirahat selama 15 atau 30 menit dan sesekali melihat ke arah yang jauh-jauh selama lima hingga sepuluh menit. Hal itu bertujuan agar mata Anda tidak terlalu tegang melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

3. Jangan Terlalu Dekat Bermain Video Game
Banyak anak yang mengabaikan kesehatan mata mereka. Hal tersebut dapat dilihat ketika mereka bermain playstation atau video game sejenis dan berada terlalu dekat dengan layar tv. Untuk itu, kita harus sering menasehati anak tersebut agar tidak menonton terlalu dengan dengan layar untuk menjaga mata mereka tetap sehat.

4. Jaga Jarak Ketika Membaca
Rajin membaca buku bukan lah suatu hal yang salah. Namun, yang salah itu adalah ketika Anda membaca buku dalam jarak yang dekat. Disarankan untuk anda yang hobi atau sering membaca untuk menjaga jarak antara mata dengan buku bacaan Anda. Jarak yang paling ideal untuk membaca buku agar mata tetap sehat adalah 30 cm. Selain itu, penerangan yang minim juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda. Satu hal yang penting lagi adalah, usahakan untuk tidak membaca dalam keadaan tidur.

5. Hindari Debu dan Polusi
Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah tentu saja akan sering terkena debu atau polusi. Untuk menghindari masuknya debu atau polusi ke dalam mata Anda, gunakan lah kacamata. Apabila debu atau polusi masuk ke dalam mata, hal tersebut dapat menyebabkan  mata terkena infeksi dan pada akhirnya bisa membuat mata kita infeksi.

6. Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Mengandung Vitamin A
Ternyata bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan makanan bergizi. Namun, mata kita juga membutuhkan hal yang sama. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang bergizi, berserat dan vitamin A dapat memberikan kandungan gizi yang baik untuk mata kita. Makanan yang mengandung vitamin A ini seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain-lain.

Demikianlah, ulasan mengenai Tips Menjaga Mata Agar Bebas dari Ragam Penyakit. Semoga mata kita selalu sehat dan terbebas dari penyakit. Selamat mencoba sahabat!

Copyright © 2013 Pontocruz Cia Blog: Tips Menjaga Mata Agar Bebas dari Ragam Penyakit | www.bookie7.co